Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.
Sumber :
  • tvone - veros afif

Kunjungi Sumenep, Menparekraf: Pulau Madura Menjanjikan Wisata Halal dan Wisata Kesehatan Terbaik

Sabtu, 2 April 2022 - 07:47 WIB

Sumenep, Jawa Timur - Guna mendorong terbentuknya destinasi wisata halal dipulau Madura, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menggelar Forum Group Discussion (FGD) Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Madura Raya, bertempat di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Jumat, 1 April 2022.

Menparekraf Sandi Uno membahas tentang destinasi wisata halal dihadapan kiai dan ulama yang tergabung dalam Badan Silaturahmi Ulama Pesantren Madura (Bassra) tentang pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, terlebih dari sisi dampak sosial dan religi. Sementara itu dari sisi para kiai dan alim ulama meresponnya dengan memberikan masukan dan saran, mengingat pulau Madura dikenal dengan tingginya nilai-nilai religius masyarakatnya.

“Wisata halal di Madura yang terdiri dari empat Kabupaten ini sangat menjanjikan, mengingat kultur islami yang sangat dijunjung tinggi oleh masyarakatnya, sehingga nantinya diharapkan di pulau Madura ini, lahirlah pariwisata dan ekonomi kreatif yang islami, indonesiawi dan madurawi,” ungkap Sandiaga Uno.

Sandiaga juga menambahkan bahwa guna percepatan pemulihan ekonomi, pihaknya akan memfokuskan ke  pariwisata religi, kesehatan dan rangkaian event guna mendorong terciptanya lapangan kerja.

“Perihal wisata halal ketika diamati, yang prospek ya di Madura ini, pasarnya sudah ada. Setiap tahun ada 11 miliar USD, karena dua juta masyarakat Indonesia yang berwisata religi di luar negeri. Jadi ini yang kami harapkan akan berwisata di Madura,” tutur Sandiaga Uno.

Selain itu pihak Kemenparekraf berinisiatif untuk melakukan relaksasi ditengah pandemi Covid-19, sehingga jumlah kunjungan wisatawan akan lebih optimal, agar kebangkitan perekonomian segera terwujud.

"Selain wisata halal di Madura, kami juga akan atensi khusus terkait pengembangan wisata kesehatan pulau Gili Iyang yang terletak di Kabupaten Sumenep, yang memiliki kandungan oksigen tertinggi kedua setelah laut mati Yordania," ucapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
00:40
09:45
02:10
08:30
01:38
Viral