Warga menunggu armada bus di di terminal Bayuangga Kota Probolinggo, Minggu (8/5/2022).
Sumber :
  • tim tvOne - Syahwan Kamahina

Arus Balik, Lonjakan Penumpang Terjadi di Terminal Bayuangga Probolinggo

Minggu, 8 Mei 2022 - 07:53 WIB

Probolinggo, Jawa Timur – Puncak arus balik lebaran terjadi di Terminal Bayuangga yang terletak di Jalan Raya Bromo, Kelurahan Triwung Lor, Kota Probolinggo. Terpantau volume penumpang mengalami kenaikan hingga 70 persen, Minggu (8/5/2022)

Staff Bidang Pengawasan dan Pengendalian Dirjen Perhubungan Darat Andika Pratama menjelaskan, lonjakan penumpang ini terjadi sejak hari Jum’at (6/5/2022), dengan tujuan kota–kota besar seperti Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Kota lainnya.

“Kami mempersiapkan seluruh armada yang masuk di Terminal Bayuangga ini, setiap pagi kita lakukan uji rampcek terlebih dahulu, sebelum berangkat membawa penumpang,” terang Andika.

Lebih lanjut, hal itu dilakukan agar meminimalisir kecelakaan lalu lintas, selain itu fasilitas Kesehatan gratis untuk para sopir juga tersedia di terminal setempat. Sehingga kesehatan para awak bus selalu dalam kondisi prima.

Mengingat musim pandemi yang belum tuntas, pos pelayanan vaksin juga tersedia di pintu masuk terminal tipe A tersebut.

“Ya mas, karena untuk menggunakan jasa transportasi bus harus memenuhi persyaratan khusus, seperti menunjukkan bukti sudah melakukan vaksinasi tahap dua hingga tahap tiga atau boster, selain itu juga wajib menggunakan masker dan selalu menjaga jarak aman, agar kita semua bisa terhindar dari paparan virus,” tambahnya.

Sampai saat ini jumlah penumpang bisa mencapai 3.000 hingga 9.000 orang per hari, dari hari sebelumnya yang hanya berkisar 1.000 hingga 4.000 orang saja. Beruntung jumlah armada bus yang masuk terminal, baik bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) mampu mencakup jumlah lonjakan penumpang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
01:41
01:18
01:54
01:26
01:52
Viral