Aktivitas pasar hewan di Pasar Ternak Rogojampi, Banyuwangi, baru-baru ini..
Sumber :
  • tim tvOne - Happy Oktavia

Siaga Wabah Penyakit Kuku dan Mulut, Banyuwangi Perketat Lalu Lintas Ternak

Selasa, 10 Mei 2022 - 11:46 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur – Munculnya wabah penyakit kuku dan mulut (PMK) pada ternak di Jawa Timur membuat Banyuwangi siaga. Petugas memperketat pengawasan lalu lintas ternak dari luar daerah. Fokusnya, termasuk yang masuk di kawasan perbatasan.

Selain lalu lintas ternak, petugas melakukan pengecekan di seluruh pasar ternak. Namun, belum ditemukan kasus penyakit kuku dan mulut pada ternak, khususnya sapi. 

“Kasus penyakit kuku dan mulut belum ditemukan di Banyuwangi. Meski begitu, kami mulai siaga,” kata Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi, M. Khoiri, Selasa (10/5/2022).

Petugas juga jemput bola di kantung-kantung peternak dan pedagang. Hal ini untuk melakukan deteksi dini jika muncul kasus penyakit kuku dan mulut. Selain sapi, pengecekan dilakukan pada ternak kambing. 

“Kami terjunkan tim gabungan, mulai petugas lapangan hingga Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PHDI),” jelas Khoiri.

Pihaknya meminta peternak di Banyuwangi tidak panik dengan munculnya wabah penyakit kuku dan mulut di beberapa daerah di Jatim. Pihaknya sudah menyiapkan berbagai antisipasi dan penanganan jika ditemukan kasus serupa. “Penyakit ini tidak menular ke manusia, hanya ke sesama hewan,” katanya.

Menghindari kepanikan peternak, pihaknya membuka membuka layanan kesehatan hewan di daerah-daerah rawan. Seperti, jalur perbatasan, dan pasar hewan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral