Petugas melakukan pengecekan sapi yang masuk ke Situbondo, Jawa Timur, Kamis (12/5/2022).
Sumber :
  • tim tvOne - Hery Sampurno

Polisi Razia Ternak Dari Luar Kabupaten, Cegah Wabah PKM Masuk Ke Situbondo

Kamis, 12 Mei 2022 - 14:21 WIB

Situbondo, Jawa Timur - Tim gabungan Polres Situbondo dan Pertenakan Kabupaten Situbondo Jawa Timur melakukan razia ternak di pasar hewan Desa Kertosari Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo Jawa Timur, Kamis (12/5/2022). Razia kesehatan ini dilakukan ke sejumlah ternak yang diindikasi berasal dari luar Kabupaten Situbondo untuk mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK).

Satu persatu ternak langsung di periksa kesehatannya,mulai dari mulut,suhu badan dan kaki ternak sapi

Selain melakukan pengecekan pada luar badan ternak, petugas kesehatan hewan yang didampingi sejumlah aparat juga melakukan suntikan vitamin dan penyemprotan Desinfektan ke pada ternak sapi. Dalam razia ini tidak di temukan indikasi ciri ciri hewan yang terpapar wabah PMK.

Kapolres Situbondo Akbp Andi Sinjaya, mengungkapkan Kepolisian bersinergi dengan Dinas Peternakan serta dinas terkait lainnya dalam rangka penanganan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak yang saat ini lagi banyak dibicarakan terkait penularan di beberapa daerah di Jawa Timur.

“Kita akan terus bersinergi dan kolaborasi dengan dinas peternakan Situbondo untuk pendataan guna menginvetarisasi kerawanan penyakit ternak dan pengecekan guna mencegah penularan dan penyebaran PMK ternak agar tidak terjadi di Situbondo,“ ungkap AKBP Andi Sinjaya.

Lebih lanjut, Akbp  Andi Sinjaya menjelaskan jika kegiatan razia dengan melakukan pengecekan pada hewan ternak dan penyemprotan disinfektan dilakukan disemua pasar hewan agar tidak sampai ada penyebaran wabah PMK di Situbondo.

Kapolres Situbondo Akbp Andi Sinjaya  juga mengungkapkan jika Polri bekerja sama dengan TNI dan Dinas Peternakan untuk melakukan patroli dan melakukan pengawasan terhadap aktivitas keluar masuk hewan ternak di wilayah Kabupaten Situbondo.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:28
02:38
16:19
04:46
01:55
02:26
Viral