Tujuh Ekor Domba Warga Lumajang, Jawa Timur, Mulai Terjangkit Virus PMK..
Sumber :
  • tim tvOne - Wawan Sugiarto

Makin Merajalela, Tak Hanya Sapi Wabah PMK Juga Sasar Domba Warga Lumajang

Kamis, 12 Mei 2022 - 17:55 WIB

Lumajang, Jawa Timur – Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Lumajang, kian hari kian merajalela. Tak hanya menyasar ratusan ternak sapi warga di 10 kecamatan, kini wabah yang di sebabkan oleh virus tersebut juga menjangkiti ternak domba milik Samsul  warga Desa Kedawung Kecamatan Padang Lumajang.

Saat ditemui di kandang domba di belakang rumahnya, Samsul pada awalnya mengaku tidak mengetahui jika ke 7 ekor dombanya, terserang wabah PMK. Meski tak menyerang bagian kaki, namun penyakit tersebut justru menyerang bagian mulut dan hidung yang di tandai munculnya kutil dan borok.

“Awalnya satu ekor yang sakit, gak tahunya nyebar ke domba lainya, “ kata Samsul saat di temui di kandangnya, Kamis (12/5/2022) sore.

Samsul menambahkan ketujuh ekor dombanya tersebut mulai mengalami gejala sakit sejak hari Minggu (8/5). Awalnya Samsul curiga, kenapa rumput pakan tenaknya masih utuh tidak seperti biasanya.

“Tahunya saat hendak kasih makan rumput, eh ternyata masih utuh, setelah saya cek teryata mulut domba-domba saya muncul luka borok jadi gak nafsu makan,”imbuhnya.

Khawatir dengan kondisi ternaknya, Samsul langsung menhubungi dokter hewan langganannya untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan. “Sudah diobati, kata dokter akibat virus,”jelasnya.

Setelah memperoleh informasi jika ternaknya sakit akibat virus, akhirnya Samsul ingat jika sebulan sebelumnya memperoleh titipan satu ekor domba jantan dari mertua anaknya, untuk persiapan hari raya kurban.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral