petugas mendatangi kandang dan menguburkan sapi 1,2 ton yang mati di Desa Sidoraharjo, Gresik, Jawa Timur, Kamis (12/5/2022).
Sumber :
  • tim tvOne - M Habib

Sempat Ditawar Rp60 Juta, Sapi 1,2 Ton di Gresik Malah Mati Terserang PMK

Kamis, 12 Mei 2022 - 21:00 WIB

Gresik, Jawa Timur- Serangan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Gresik semakin meresahkan masyarakat. Hal ini dikarenakan banyak hewan ternak sapi milik peternak yang mati akibat terinfeksi penyakit mulut dan kuku terus bertambah.

Kali ini giliran hewan ternak sapi seberat 1,2 ton milik peternak Yudi dan Haji Dili, warga Desa Sidoraharjo, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik yang akhirnya mati setelah sebelumnya terinfeksi PMK. Ternak sapi mereka mati pada Rabu (11/5/2022), petang kemarin.

"Sapi seberat 1,2 ton itu baru saja ada yang menawar Rp 60 juta sebelum kena PMK. Lantas kini mati," ucap Camat Kedamean Sukardi saat dikonfirmasi awak media, Kamis (12/5/2022).

Menurut Kardi, pemiliknya langsung menguburnya. di belakang kandang ternak. Untuk mengantisipasi agar tak makin banyak sapi yang terserang dan mati, pihak Dinas Pertanian (Distan) Gresik mendatangi lokasi peternakan untuk pengobatan.

"Ini tadi saya bersama petugas Dinas Pertanian melakukan pengobatan di peternakan. Banyak sapi yang terserang PMK. Kasihan pemiliknya. Harganya mahal-mahal," terang mantan Kepala Bagian Umum Setda Gresik ini.

Lebih lanjut Kardi menyatakan, bahwa sapi yang terserang PMK seperti halnya manusia terserang penyakit sariawan. Sapi tidak mau makan. Dari mulut dan hidungnya terus mengeluarkan lendir.

"Lama-lama kalau tak tertangani cepat bisa mati, karena tak mau makan dan minum, sapi menjadi lemas," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:16
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
Viral