Satu Ekor Sapi Ditemukan Mati Mendadak Saat Diperjualbelikan di Pasar Hewan Lumajang.
Sumber :
  • Wawan Sugiarto

1 Sapi Mati Mendadak Di Pasar Hewan Lumajang, Wabup: Bukan PMK

Jumat, 13 Mei 2022 - 20:11 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Seekor sapi tiba-tiba mati saat hendak dijual di pasar hewan Rogotrunan Lumajang, Jawa Timur, Jumat (13/5/2022).

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati yang pada saat kejadian berada di lokasi memastikan bahwa sapi yang mati bukan disebabkan penyakit mulut dan kuku (PMK). Menurutnya, sapi itu kelelahan dan mengalami dehidrasi akibat cuaca pada waktu itu yang sangat panas.

"Tadi ada 1 ekor sapi mati tapi bukan PMK, sapinya sudah tampak kelelahan juga karena panas disini dehidrasi akhirnya mati," kata Indah di Pasar Hewan Lumajang, Jumat (13/5/2022).

Indah menambahkan bahwa pihaknya telah menyiagakan dokter hewan serta melakukan screening terhadap hewan yang hendak masuk ke pasar hewan yang dikenal dengan pasar patok tersebut.

Sapi-sapi yang hendak masuk ke pasar patok dilakukan penyemprotan cairan disinfektan dan pemeriksaan fisik oleh petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang.

"Kami ada tim kesehatan hewan yang akan menyemprotkan cairan disinfektan kepada mobil dan sapinya serta ada pemeriksaan kesehatan, yang sakit tidak diperbolehkan masuk," tambahnya.

Sampai hari ini, jumlah sapi terpapar PMK di Lumajang sebanyak 443 ekor dan yang dinyatakan positif sakit sebanyak 398 ekor. Selain itu juga diketahui terdapat 7 ekor sapi yang mati akibat PMK.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral