jebol tembok dapur warga, anginAngin puting beliung rusak atap puluhan rumah warga di Desa Pragak Kecamatan Parang Kabupaten Magetan.
Sumber :
  • Tim tvOne/Miftahul Erfan

Cuaca Ekstrem, Tanah Longsor Dan Puting Beliung Rusak Rumah Warga

Minggu, 15 Mei 2022 - 21:05 WIB

Magetan, Jawa Timur - Puluhan warga, Minggu pagi (15/5/2022) dibantu anggota BPBD kabupaten Magetan berjibaku membersihkan sisa material longsor dan sapuan angin puting beliung yang menimpa kandang dan dapur rumah warga, saat terjadi cuaca ekstre di lereng Gunung Lawu Magetan, Sabtu (14/5/2022) kemarin,

Longsor dan angin puting beliung terjadi disejumlah wilayah di Magetan dan tersebar di dua kecamatan. 

“Dari data Pusdalop, dampak hujan lebat kemarin terjadi tanah longsor di dua titik di kecamatan Poncol, yaitu Desa Gonggang ini tinggi 3,5 meter dan panjang 15 meter dengan kerusakan kandang dan dapur, sementara di kelurahan alas tuo hanya menutup jalan antar kelurahan namun sudah teratasi.” Kata Maryanto, anggota BPBD kabupaten Magetan

Salah satunya rumah Puryadi (43) di Desa Gonggang Kecamatan Poncol Sabtu malam, dirinya mengaku sudah dua hari berturut-turut terjadi hujan lebat, hingga akhirnya tebing di belakang rumahnya longsor dan menimpa kandang sapi dan dapur rumahnya.

“ Awalnya itu kemarin sore hujan lebat sampai malam, terus tadi malam hujan lebat sehingga membuat tebing di belakang rumah jadi gembur, dan akhirnya longsor ini.” Ujar Puryadi. 

Akibat longsor tersebut, kandang sapi tertimbun longsor namun beruntung tak ada sapinya, dan juga tembok dapur jebol hanya sedikit jadi gak sampai merusak dapur. Tambahnya.

Hingga Minggu siang, BPBD setempat mendata dampak musibah tersebut. Dari data sementara, kerusakan hanya ringan dan tidak menimbulkan korban jiwa. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral