24 ekor sapi terserang PMK.
Sumber :
  • tim tvone - miftakhul erfan

24 Ekor Sapi Terserang Penyakit Mulut dan Kuku, Seluruh Pasar Hewan Ditutup Sementara

Rabu, 18 Mei 2022 - 17:24 WIB

Magetan, Jawa Timur - Sebanyak 24 ekor sapi yang tersebar di dua desa dua kecamatan di Kabupaten Magetan, dinyatakan positif penyakit mulut dan kuku (PMK). 

Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit tersebut, Dinas Peternakan dan Forkopimda setempat mengeluarkan kebijakan untuk menutup sementara pasar hewan di seluruh Magetan, untuk batas waktu yang belum ditentukan. 

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan, Budi Nurrohman membenarkan temuan tersebut. Kali pertama diketahui setelah adanya laporan dari salah satu peternak, bahwa sapi miliknya sakit seperti ciri-ciri sapi yang terindikasi PMK. 

Petugas pun segera mendatangi peternakan di Desa Sugihrejo, Kecamatan Kawedanan tersebut, dengan mengecek langsung kondisi sapi dan mengambil sampel air liurnya untuk dilakukan uji laboratorium. 

“Jadi dari hasil uji laboratorium sampel beberapa sapi yang kita ambil yang memiliki gejala klinis PMK, yakni dari dua kandang yang pertama ada di Desa Turi, Kecamatan Panekan itu ada 3 ekor dalam satu kandang hasilnya positif, dan lingkungan juga hasilnya positif. Kemudian di Desa Sugihrejo, Kawedanan dengan populasi satu kandang 21 ekor, hasilnya 10 positif,” kata Budi. 

Budi menambahkan, langkah yang akan diambil Dinas Peternakan Kabupaten Magetan saat ini adalah dengan fokus melakukan pengobatan hewan yang sakit, sesuai dengan laporan warga. Jadi dalam hal ini diharapkan atas partisipasi dari masyarakat untuk melaporkan ternaknya yang memiliki gejala PMK. 

“Karena Magetan saat ini sudah ada yang positif, jadi langkah kami ya fokus dalam pengobatan hewan yang sakit, sesuai yang dilaporkan kepada kami. Jadi kami harapkan partisipasi dari masyarakat untuk segera melapor jika hewan ternaknya memiliki sakit yang gejalanya seperti PMK di call center kami di 081133585000,” tambahnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral