tim gabungan cek kesehatan hewan.
Sumber :
  • tim tvone - syahwan

Stop Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Tim Gabungan Cek Kesehatan Hewan

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:08 WIB

Probolinggo, Jawa Timur - Tim gabungan dari Polres Probolinggo melalui Polsek Banyuanyar bersama Muspika Banyuanyar dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo, melakukan pengecekan langsung kesehatan hewan ternak sapi dari penularan penyakit mulut dan kuku (PMK), di Pasar hewan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, Kamis (19/5).

Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, dalam pengecekan tersebut petugas melakukan pengawasan dan himbauan kepada pedagang hewan ternak, sekaligus melakukan aksi penyemprotan disinfektan pada sarana angkut hewan. 

"Angkutan yang biasanya digunakan untuk mengantar hewan kepada pembelinya ini juga bisa menjadi transmisi penyebaran PMK, sehingga perlu dilakukan penyemprotan disinfektan guna meminimalisir penyebaran penyakit," kata Kapolres Probolinggo. 

Lebih lanjut kata Kapolres Probolinggo, petugas juga melakukan pendataan dan screening terhadap hewan, serta mencek secara kasat mata tanda klinis ternak. 

Pengecekan ini untuk mengetahui kondisi sapi dan kambing, sekaligus mencegah meluasnya penularan PMK, serta pengawasan ternak dari transmisi luar wilayah. 

"Monitoring ini guna mencegah meluasnya dampak PMK dan tidak menimbulkan kepanikan serta kerugian ekonomi masyarakat luas," pungkasnya.

Sementara ini belum ditemukan gejala klinis PMK ternak di Pasar hewan Banyuanyar setempat. (msn/hen)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral