petugas DisTan beri vitamin dan obat untuk sapi yang terserang PMK.
Sumber :
  • tim tvone - habib

Wabah PMK masih Merebak, Petugas Beri Vitamin dan Obat-obatan ke Hewan Ternak

Jumat, 20 Mei 2022 - 11:05 WIB

Gresik, Jawa Timur - Serangan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang masih merebak dan belum bisa dikendalikan, membuat petugas Dinas Pertanian Kabupaten Gresik, menggencarkan pemberian bantuan vitamin dan obat-obatan pada para peternak yang sapinya terjangkit virus PMK, Jumat (20/5). 

Selain melakukan penyuntikan vitamin dan obat-obatan, petugas Dinas Pertanian juga rutin memantau perkembangan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK), yang menyerang ternak warga. Salah satunya dengan memberikan penyuluhan kepada peternak, dan menyalurkan vitamin serta obat-obatan secara gratis.

Salah satunya, petugas Dinas Pertanian bersama Babinkamtibmas Polres Gresik, juga mendata kandang ternak sapi milik Choirul di Desa Sembung, Kecamatan Wringinanom. Petugas mendapatkan sebanyak 27 ekor sapi masih terjangkit PMK, dan kini telah mendapatkan penanganan dan pengawasan dari Dinas Pertanian Gresik.

Pengawasan ketat terus dilakukan, karena dari total sebelumnya 39 ekor sapi, dua ekor mati diserang PMK dan 10 ekor sapi terpaksa dipotong. Sementara 20 ekor masih dalam proses penyembuhan. 7 sapi sudah dinyatakan sembuh dalam proses pemulihan, diantaranya dengan penyuntikan vitamin dan antibiotik. 

Sementara itu, petugas satgas pangan Polres Gresik menyatakan, kegiatan kali ini dalam rangka pemantauan dan monitoring penyuntikan vitamin dan obat-obatan ternak, termasuk antibiotik. 

"Ini untuk meningkatkan imun ternak, juga diadakan penyemprotan disinfektan pada kandang," kata Kapolres Gresik, AKBP Mochamad Nur Azis.

Seperti dikabarkan sebelumnya, tim Dinas Pertanian Gresik turun langsung dalam penyuntikan ternak terserang wabah PMK, karena pengobatan terharap hewan ternak yang terpapar PMK hanya boleh dilakukan dokter hewan. Sejauh ini tercatat ribuan ternak sapi dan kambing warga terserang PMK.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral