Gelar East Java Digital Transformation Bi Jatim Dorong Inklusi Keuangan Digital.
Sumber :
  • tvone - syamsul huda

Gelar East Java Digital Transformation, BI Jatim Dorong Inklusi Keuangan Digital

Kamis, 26 Mei 2022 - 13:39 WIB

Surabaya, JawaTimur - Sejalan dengan tema Presidensi G20 Indonesia 2022 “Recover Together, Recover Stronger”, Indonesia berupaya mengajak dunia untuk saling bahu-membahu mendorong pemulihan ekonomi yang lebih kuat dan berkelanjutan, melalui tiga agenda utama, yaitu Global Health Architecure, Digital Transformation, dan Energy Transition.

Guna mendukung agenda Digital Transformation, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan gelaran acara yang bertajuk G20 Side Events: East Java Digital Transformation Week 2022 (EJDTW), yang digelar sejak tanggal 23-27 Mei 2022.

Kick off seremonial yang dihadiri oleh PJ sekdaprop jatim ini, diawali dengan kegiatan International Seminar on Advance Issues in Islamic Economic and Finance pada 23 Mei 2022, EJDTW 2022 dilanjutkan dengan Capacity Building Pesantren Digipreneur, dan Millennial Digitalks pada 24 Mei 2022, Digital Financial Inclusion Summit pada 25 Mei 2022, Showcasing UMKM unggulan binaan Bank Indoesia, serta diakhiri dengan PHOCO 2022 Art Exhibition di Museum De Javasche Bank pada 26-27 Mei 2022.

Rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Jawa Timur mengenai peran strategis transformasi digital dalam mengakselerasi inklusi keuangan dan pengembangan UMKM, untuk mendukung pemulihan ekonomi akibat pandemi.

“Untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif, terkoneksi, dan berkelanjutan adalah KPW BI Jawa Timur akan terus memaksimalkan implementasi inklusi keuangan digital, melalui  beberapa upaya, seperti pembentukan ekosistem keuangan digital yang inklusif dan berkelanjutan, mendorong UMKM untuk mengadopsi digitalisisi bisnis, mendukung pengembangan infrastruktur system pembayaran, serta melakukan edukasi kampanye dalam rangka pereluasan inklusi keuangan digital,” papar Budi Hanoto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa timur.

Selaras dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, PJ. Sekda Provinsi Jatim, Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T, juga mendorong tranformasi digital bagi para pelaku bisnis, terutama pelaku bisni UMKM yang saat ini tengah bangkit dan berkembang usai dihantam badai pandemi Covid-19.

“Salah satu pendorong perluasan akses pembiayaan bagi UMKM di Jawa Timur adalah sinergi pembiayaan pelaku usaha melalui Kredit Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Bank Himbara dan Bank Jatim, Kredit Program Dagulir Pemprov Jatim berupa pemberian bunga kompetitif, serta Subsidi Bunga melalui program KUR Pusat dan KUR Daerah yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten/ Kota di Jawa Timur,” terang IR wahid Wahyudi, PJ Sekda Provinsi Jawa Timur.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral