Warga mendorong motornya yang mogok akibat banjir di Banjir di Jalan Sebaung-Gending, Probolinggo.
Sumber :
  • Syahwan Kamahina

Diguyur Hujan Deras Berjam-jam, 5 Desa di Probolinggo Terendam Banjir

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:30 WIB

Probolinggo, Jawa Timur - Akibat diguyur hujan deras sejak pagi hingga pukul 14.30 WIB, sejumlah desa di wilayah Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, terendam banjir, Kamis (26/5/2022).

Ketinggian banjir bervariasi, di beberapa titik mencapai lutut orang dewasa. Setidaknya ada 5 desa yang banjir yakni Desa Gending, Desa Jati Adi, Desa Pesisir, Desa Brumbungan Lor, dan Desa Klaseman. Kali ini banjir terparah terjadi di sepanjang jalan Sebaung-Gending, setelah sungai di pinggir jalan setempat mengalami pendangkalan.

Sugeng salah satu warga Gending, Dusun Krajan ini menyampaikan, tingginya curah hujan yang terjadi terus-menerus menyebabkan banjir sangat besar. Karena berbarengan dengan terjadinya laut pasang saat ini.

"Banjir ini terjadi hampir setiap tahun, Mas, saya penduduk asli sini, semenjak dua tahun kemarin, saat ini agak parah," ungkap Sugeng.

Dia menambahkan banjir hujan tahunan ini biasanya tidak berlangsung lama. Menurutnya jika hujan mereda genangan air akan kembali surut. Namun banjir kali ini telah meresahkan warga, karena tergolong sangat tinggi.

"Ya bagaimana lagi, saat ini yang kita lakukan hanya menyelamatkan barang-barang yang bisa diselamatkan saja," pungkasnya.

Sementara itu, pihak BPBD Probolinggo masih dalam proses evakuasi dan sejumlah wilayah yang terendam banjir. Pihak PLN juga melakukan pemadaman, guna mengurangi kejadian seperti konsleting listrik.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:01
04:33
03:48
05:06
00:54
05:57
Viral