serentak, pasar hewan disterilkan.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Tekan Penyebaran Wabah PMK, Sejumlah Pasar Hewan Serentak Disterilkan

Kamis, 26 Mei 2022 - 19:19 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Sejumlah pasar hewan di wilayah Kabupaten Lumajang secara serentak disterilkan pada hari ini, Kamis (26/5). 

Hal itu dilakukan untuk menekan penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak. 

"Hari ini, melakukan penyemprotan disinfektan secara massal ke semua pasar hewan yang ada di Lumajang. Sterilisasi pasar guna mempersiapkan hari Raya Kurban sambil melakukan pencegahan dan penanganan PMK di beberapa kecamatan," terang Bupati Lumajang, Thoriqul Haq.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan selama pensterilan berlangsung, pasar hewan akan ditutup sementara selama 2 minggu, sehingga tidak diperkenankan ada aktivitas jual beli hewan ternak. 

"Pembersihan pasar supaya tidak ada virus melekat, sehingga saat ditutup dua minggu sudah steril pasar kembali dibuka," imbuhnya.

Sementara, Kapolres Lumajang, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan menyampaikan pihaknya akan mendukung upaya pemerintah daerah untuk langkah penanganan dan menekan penyebaran wabah PMK. 

"Polri dan TNI dukung penuh dalam hal penanganan dan pencegahan PMK ternak. Kami bentuk satgas hingga ke desa untuk membantasi mobilisasi ternak sakit agar dilokalisir tidak boleh keluar dari area mereka," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral