Jalur Curah Kobokan Ditutup Sementara Akibat Terjadi Banjir Lahar Hujan Semeru.
Sumber :
  • Tim tvOne/WSO

Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru, Kembali Putus Jalur Alternatif Penghubung Lumajang-Malang

Minggu, 29 Mei 2022 - 15:50 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Gunung Semeru kembali memuntahkan banjir lahar hujan yang menerjang Aliran Sungai Besuk Lengkong dan Besuk Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Akibatnya, jalur alternatif penghubung Lumajang-Malang sempat ditutup sementara.

Banjir lahar itu terjadi setelah kawasan Gunung Semeru diguyur hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang sejak pukul 12.40 WIB. 

"Tadi sekitar pukul 12.50 banjir lahar hujan Gunung Semeru datang, sehingga kami menutup jalur alternatif Lumajang-Malang melalui Sungai Besuk Lengkong," kata Doni Evarkhan salah satu anggota TRC BPBD Lumajang Di Pos Pantau Curah Kobokan, Minggu (29/5/2022).

Lebih lanjut Doni menjelaskan bahwa penutupan jalur sudah di lakukan beberapa saat sebelum aliran lahar datang. 

"Dua pintu masuk jalur baik dari arah Lumajang maupun Malang susah kami tutup sebelum banjir datang, dipastikan tidak ada warga yang berada di tengah aliran sungai, "imbuhnya.

Akibat penutupan jalur ini, ratusan kendaraan baik roda 2 maupun 4 terpaksa tertahan untuk beberapa waktu, akibat aliran lahar belum juga surut sementara hujan disertai angin kencang juga masih berlangsung. 

"Hingga pukul 13.50 untuk antrian kendaraan di sisi utara (Lumajang) sudah lebih dari 2 kilometer, sudah sampai jembatan kajar kuning, untuk itu para pelintas mohon bersabar dulu, "pungkasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral