Petugas memeriksa barang bawaan Jamaah Calon Haji.
Sumber :
  • tvone - sandi irwanto

Bawa Terlalu Banyak, Rokok Jemaah Calon Haji Asal Bojonegoro Disita Petugas

Senin, 6 Juni 2022 - 08:58 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Petugas PPIH Embarkasi Surabaya mengamankan 10 slop bungkus rokok, serta 1 power bank, dari koper jamaah kloter 3 asal Bojonegoro, Minggu petang (5/6). 

Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Husnul Maram mengatakan, rokok tersebut diamankan petugas karena melebihi batas regulasi barang bawaan rokok yang diperbolehkan untuk dibawa ke Arab Saudi.

"Ada regulasi yang membatasi jumlah rokok yang boleh dibawa para jamaah haji, yaitu maksimal 200 batang atau 2 slop saja," tutur Maram selaku Ketua PPIH Embarkasi Surabaya.

Rokok yang diamankan petugas tadi, terang Maram selanjutnya akan diserahkan kepada petugas haji daerah masing-masing, dan dapat diambil pemilik sekembalinya dari tanah suci.

Lebih lanjut Kakanwil menjelaskan, bahwa ada beberapa barang yang sama sekali tidak boleh masuk ke Arab Saudi seperti barang atau obat yang tidak jelas komposisinya.

“Biasanya obat tradisional yang kemasannya tidak permanen, tidak ada komposisinya, rentan sekali untuk menimbulkan permasalahan,” ujarnya.

Sedangkan obat-obatan dan multivitamin yang merknya terdaftar di BPOM masih bisa masuk Saudi, sepanjang dibawa dalam jumlah yang wajar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
02:32
Viral