Debit sungai Besuk Lengkong Meluap, Jalur alternatif Lumajang - Malang ditutup sementara.
Sumber :
  • Tim tvOne/Wawan Sugiarto

Banjir Sungai Lengkong Putus Jalur Alternatif Penghubung Lumajang-Malang, Warga Asyik Selfie' Menunggu Macet

Minggu, 3 Juli 2022 - 16:32 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Aliran Sungai Lengkong di Dusun Curah Kobokan Desa Supit Urang Kecamatan Pronojiwo Lumajang meluap hingga terjadi banjir, Minggu (3/7/2022).

Menurut Irul, salah relawan, banjir kali ini bukan dikategorikan sebagai banjir lahar akibat hujan di Puncak Gunung Semeru, Namun, banjir yang diakibatkan peningkatan debit air sungai.

"Ini bukan lahar dingin maupun lahar hujan Gunung Semeru, tapi banjir lokal saja. Namun, juga tetap berbahaya jika dilewati, arusnya juga deras," jelasnya, Minggu (3/7/2022).

Untuk itu, relawan dan petugas di pos pantau Curah Kobokan langsung menutup jalur masuk menuju aliran sungai Besuk Lengkong dan Besuk Kobokan, sehingga ratusan kendaraan terjebak dalam kemacetan panjang.

"Ini sudah menjadi protap jika debit air bertambah, jalur langsung ditutup sementara," imbuhnya.

Meskipun saat ini cuaca di sekitar lokasi belum terjadi hujan, para pengguna jalan tetap diimbau mewaspadai potensi terjadinya banjir lahar hujan Gunung Semeru, mengingat saat ini masih terjadi hujan di sekitar Gunung Semeru.

"Memang disini tidak hujan, tapi di sekitar Gunung Semeru kan sedang terjadi hujan, makanya pengguna jalan harap bersabar dulu, semoga hujan segera reda agar tidak terjadi lahar,"pungkasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral