jelang Hari Raya Kurban, lapak pedagang ramai di sudut kota.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Jelang Hari Raya Kurban, Ramai Sejumlah Pedagang Ternak di Sudut Kota di Lumajang

Rabu, 6 Juli 2022 - 16:03 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Mendekati datangnya hari raya kurban yang kurang dari sepekan, sejumlah lapak pedagang ternak kurban mulai bermunculan di sejumlah sudut kota Lumajang, salah satunya di Jalan Slamet Wardoyo, Kelurahan Citrodiwangsan, Kecamatan Kota Lumajang.

Lapak penjualan kambing ini didirikan oleh Bahrul Ulum (33), warga Desa Purworejo, Kecamatan Senduro sejak 3 hari yang lalu.

"Saya sudah 11 tahun jualan disini, lahannya sewa selama semingguanlah," kata Bahrul, saat ditemui di lapaknya, Rabu (6/7). 

Tapi pada musim kurban tahun ini, Bahrul hanya menjual ternak jenis domba saja. Sebab, jika memaksa tetap jualan sapi dia mengaku takut tidak laku, menyusul masih merebaknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang belum juga berakhir.

"Untuk tahun ini saya sengaja hanya jualan domba, kalau sapi masih takut gak laku," imbuhnya.
 
Meskipun demikian, Bahrul akhirnya bisa bernafas lega, karena pada akhirnya penjualan domba kurbannya mulai ramai kembali, setelah hampir dua bulan sepi akibat dampak PMK dan penutupan pasar hewan.

"Sebelumnya penjualan sangat sepi, harga juga turun. Tapi Alhamdulillah sejak 5 hari yang lalu penjualan sudah kembali normal, sejak pasar hewan dibuka kembali. Sekarang orang kan pada takut mau berkurban sapi, ya pada akhirnya pada beli kambing dan domba untuk korban," jelasnya.

Sebagai perbandingan dengan tahun lalu, dalam 3 hari terakhir Bahrul mampu menjual sedikitnya 18 ekor domba, sedangkan tahun lalu rata-rata per hari hanya laku 1 ekor. Ini membuktikan bahwa penjualan kambing maupun domba kurban tahun ini semakin meningkat. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral