tradisi nasi terater dilakukan warga Bangkalan, Madura, usai sholat Idul Adha.
Sumber :
  • tim tvone - dimas farik

Rayakan Idul Adha, Warga Bangkalan, Madura, Lakukan Tradisi Nasi Terater, Usai Sholat Ied

Senin, 11 Juli 2022 - 17:43 WIB

Bangkalan, Jawa Timur - Di hari besar umat Islam, Idul Adha, warga Bangkalan, Madura, terutama kaum hawa sibuk menyiapkan kue dan menu makanan untuk dibagikan dan ke keluarga maupun tetangga sekitar.

Salah satunya, para ibu sibuk di dapur untuk menyiapkan menu makanan, seperti memasak ayam, daging sapi, atau daging kambing yang diolah sesuai selera yang ada kampung-kampung di wilayahnya.

Menu ayam atau daging kambing yang sudah matang, kemudian disajikan dengan nasi putih dan diselingi kue dodol. Setelah meja lengkap, kemudian dibagikan ke tetangga sekitar, bahkan dibagikan pula ke sanak keluarga. Begitu pula warga yang lain, menghantarkan menu makanan kepada kepada tetangga lainnya. 

Masakan berupa nasi, lengkap dengan lauk pauknya di hari raya lebaran, disebut orang Madura sebagai nasi terater atau “bagikan nasi kepada tetangga”.

Tradisi membagi - bagi makanan antar tetangga dilakukan warga Madura di setiap hari besar umat Islam terlebih di hari lebaran Idul Adha.

"Ini tradisi orang Madura, setiap lebaran tiba. Disini ada daging kambing, ada ayam. Ayam ini dibakar dulu, lalu diberi santen. Setelah itu kita antar kepada tetangga," kata Nurhayati, warga Bangkalan.

Lanjutnya, membagi-bagikan menu makanan bertujuan untuk menjaga tradisi dan budaya yang selama bertahun - tahun dijalani oleh para orangtua sebelumnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
02:26
Viral