ITS dan Kemensos RI pengadaan E-Trail ke masyarakat Papua.
Sumber :
  • tim tvone - sandi irwanto

Kembangkan Ekonomi Masyarakat Papua, ITS dan Kemensos RI Beri Motor Trail Listrik

Selasa, 12 Juli 2022 - 19:00 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Kementerian Sosial (Kemensos) RI bekerja sama mengembangkan perekonomian masyarakat Papua. Setelah pemberian kapal, kali ini dilakukan pengadaan 34 buah E-Trail (motor trail listrik), sekaligus pemberian pelatihan cara membuatnya kepada para pemuda Papua.

Bertempat di Gedung Research Center (RC) ITS, dilakukan penyerahan dana bantuan dari Kemensos untuk ITS guna mewujudkan bantuan E-Trail atau motor trail listrik tersebut. Selanjutnya, dilakukan juga penyerahan dana untuk pembuatan kapal.

Dengan arahan dari Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama, dan Kealumnian ITS, Bambang Pramujati mengungkapkan, kerja sama ini merupakan solusi alternatif dari sulitnya mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Papua.

Dijelaskan, ketika 34 E-Trail tersebut dirakit, nantinya akan dibagi rata kepada masyarakat di Puncak Jaya dan Yahukimo. Bambang menuturkan, untuk pelatihannya sendiri akan diadakan selama 10 hari, mulai Selasa (12/7). 

“Adanya pelatihan ini diharapkan akan memberikan efek transfer of knowledge kepada para pemuda Papua,” ujarnya.

Lebih dalam, doktor lulusan University of New Brunswick ini menerangkan, pada pelatihan tersebut ITS akan mengundang 16 pemuda dari Papua. Pemuda-pemuda tersebut pun akan terbagi dari berbagai macam daerah di Papua. Secara rinci, mereka terdiri dari 6 pemuda dari Puncak Jaya, 5 pemuda dari Yahukimo, dan 5 pemuda dari Universitas Cendrawasih (Uncen).

Dengan adanya kedatangan 16 pemuda Papua tersebut pada pelatihan ini, ditargetkan akan mampu membantu cara merakit, memelihara, dan memakai motor listrik ini kedepannya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
01:06
02:40
02:12
02:15
Viral