Anak-anak home schooling diajak melepas tukik di Pantai Pulau Santen Banyuwangi.
Sumber :
  • Tim tvOne/Happy Oktavia

Lestarikan Ekosistem Laut, Anak-anak Home Schooling Banyuwangi Lepaskan Tukik di Selat Bali

Minggu, 31 Juli 2022 - 20:43 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Pesisir barat Selat Bali, tepatnya perairan Banyuwangi menjadi surga pendaratan penyu. Hampir sepanjang tahun, kawanan penyu bertelur di kawasan ini.

Namun, tak sedikit yang dimangsa predator. Untuk menanamkan cinta lingkungan sejak dini, anak-anak pelajar home schooling di Banyuwangi diajak melepas tukik di Pantai Pulau Santen, Minggu (31/7/2022) sore. 

Tak sekadar melepas tukik. Kegiatan ini memberikan edukasi sejak dini kepada anak-anak pentingnya menjaga ekosistem penyu. Sebab, binatang ini rawan dari kepunahan. 

Sebanyak 99 ekor tukik atau anakan penyu dilepas secara bersama-sama. Kegembiraan terlihat dari anak-anak yang datang dari berbagai wilayah Banyuwangi, Jember, Situbondo dan Bondowoso ini.

Tukik yang dilepas adalah hasil penetasan menggunakan alat inkubator buatan. Alat ini menyelamatkan telur penyu dari predator binatang buas maupun manusia.

 Kali ini kami mengajak anak-anak home schooling untuk melepas tukik jenis Lekang," kata Pembina Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF), Wiyanto Haditanojo. 

Tukik ini menetas setelah dierami selama 60-64 hari dengan alat khusus. Alat ini hasil kreasi mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral