musim kemarau, BPDB Kabupaten Ponorogo suplai air bersih.
Sumber :
  • tim tvone - aris sutikno

Satu RT Alami Kekeringan, BPBD Ponorogo Mulai Dropping Air Bersih

Kamis, 11 Agustus 2022 - 17:17 WIB

Ponorogo, Jawa Timur - Memasuki musim kemarau, BPBD Kabupaten Ponorogo mulai menyuplai pasokan air bersih di Desa Duri, Kecamatan Slahung, karena mulai mengalami krisis air baku. 

Pengiriman suplai air bersih tersebut setelah pihaknya mendapat permintaan dari Kades Duri. Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD, Yudik Asmoro menyebut bahwa pihaknya telah mengirimkan satu tangki air bersih ke daerah yang mangalami krisis air bersih.

"Kita kirim air, tepatnya di Dusun Jenggring, ada satu RT yang kekurangan air bersih," ungkap Yudik, saat diwawancarai, Rabu (10/8/2022).

Yudik menambahkan dalam satu RT tersebut ada 9 kepala keluarga dan 23 jiwa yang membutuhkan air bersih. Pihaknya juga telah menyiapkan tandon air untuk bisa digunakan oleh warga setempat. Total ada dua tandon air dengan kapasitas 2200 liter dan 1200 liter.

"Sekitar 6000 ribu liter untuk mengisi tandon. Warga bergantian menggunakan jerigen," terangnya.

Lebih lanjut, meski saat ini sudah banyak yang menggunakan sumur dalam, namun masih ada yang menggunakan sumur manual. Ia juga masih melakukan evaluasi terkait intensitas pengiriman suplai air bersih tersebut.

Dari data BPBD, tahun ini ada dua desa yang diprediksi yang akan mengalami kekeringan, yakni Desa Duri, Kecamatan Slahung dan Desa Mlarak, Kecamatan Mlarak. Jumlah tersebut terbilang menurun jika dibandingkan dengan tahun 2021, yakni tiga desa. (asn/hen) 
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral