Rusdi, mantan jagoan kampung yang jadi tokoh pemberdayaan ekonomi kampung di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran..
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Dulu Jagoan Kampung, Sekarang Jadi Tokoh Pemberdayaan Ekonomi Kampung

Jumat, 30 September 2022 - 11:40 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Beberapa tahun lalu, warga Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi menjuluki pria ini sebagai jagoan kampung. Ya, pria yang dimaksud bernama Rusdi.

Selain dianggap sebagai pemberani, pria berusia 40 tahun ini adalah salah satu pelaku tolak tambang emas yang ada di Gunung Tumpangpitu, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Seiring dengan berkembangnya waktu, label "jagoan kampung" itu menghilang. Kini, yang tersemat pada nama Rusdi adalah sosok tokoh pemberdayaan ekonomi. Pria dengan 2 putra ini sudah menjadi pengusaha pengolahan kayu di Dusun Pancer, Desa Sumberagung. Sebab, di tempat pengolahan kayu tersebut, bergantung puluhan masyarakat sekitar untuk bekerja menyambung rejeki.

"Masa lalu memberi pengalaman yang membuat lebih bijaksana demi masa depan lebih baik,” ujar suami dari Nurul Islamiyah ini.

Sebenarnya, menggeluti usaha perkayuan bukan hal baru bagi Rusdi. Sejak bujang, pria kelahiran 14 April ini sudah malang melintang dalam dunia mebel. Usahanya dalam pemberdayaan ekonomi kampung itu semakin berkembang setelah bermitra dengan PT Merdeka Copper Gold Tbk.

Kerjasama dengan induk perusahaan PT Bumi Suksesindo (PT BSI) itu membuat pabrik pengolahan kayu milik Rusdi sering mendapat order besar. Apalagi saat ini sedang gencar melakukan program bedah rumah untuk masyarakat sekitar.

“Ketika job ramai, saya mempekerjakan sampai 50 orang. Saya sangat senang dan puas, apalagi kayu yang kami garap untuk program bedah rumah, untuk masyarakat yang membutuhkan,” kata Rusdi, Kamis (29/9).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:15
01:24
01:49
01:41
01:47
06:30
Viral