Polisi menembakkan gas air mata untuk membubatrkan suporter di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022).
Sumber :
  • ANTARA

KPID Jatim Ingatkan TV dan Radio Hati-Hati Beritakan Tragedi Kanjuruhan

Minggu, 2 Oktober 2022 - 12:46 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur mengingatkan lembaga penyiaran televisi dan radio di Jawa Timur untuk berhati-hati saat memberitakan tragedi yang terjadi Stadion Kanjuruhan, Malang.

Koordinator Bidang Isi Siaran KPID Jatim Sundari di Surabaya, Minggu (2/10/2022), mengatakan, TV dan Radio Jatim untuk tidak mengeksploitasi kekerasan dan atau menggunakan narasi yang provokatif saat menyiarkan.

"Lembaga penyiaran televisi dan radio di Jatim tetap harus memperhatikan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran saat memberitakan tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang," kata Ndari panggilan lekatnya.

Ndari mengatakan TV dan radio harus mempertimbangkan proses pemulihan korban, keluarga dan atau masyarakat terdampak kerusuhan. Menurut dia, narasi yang dibuat wajib mengarah pada penyelesaian dan pemulihan peristiwa tersebut.

"Masyarakat sebaiknya juga tidak mengunggah foto dan video di media sosial yang isinya bisa memantik emosi keluarga dan korban," kata Ndari.

KPID Jatim turut berbelasungkawa dengan peristiwa yang terjadi usai pertandingan Derby Jatim antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya dengan skor akhir 2-3 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10) malam, yang menyebabkan seratusan lebih orang meninggal.

KPID Jatim berharap peristiwa ini menjadi pembelajaran bagi semua pihak dan tak terulang kembali di masa depan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral