Batu bergambar relief kuno yang ditemukan di Desa Bareng, Kecamatan Kabat, Banyuwangi, Rabu (9/11/2022) siang..
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Bikin Geger, Relief Kuno Era Kerajaan Macan Putih Ditemukan di Kebun Warga Banyuwangi

Kamis, 10 November 2022 - 11:47 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Warga Desa Bareng, Kecamatan Kabat, Banyuwangi digegerkan dengan temuan batu bergambar relief kuno. Batu berukuran 36 x 9,2 sentimeter dengan tebal 8 sentimeter ini bermotif nyeleneh.

Dugaanya, peninggalan era Kerajaan Macan Putih, cikal bakal Kabupaten Banyuwangi. Batu berbahan kapur ini ditemukan di kebun salah satu warga.

Temuan ini diawali ketika warga mencangkul di kebun. Tiba-tiba, cangkulnya membentur benda mirip batu. Begitu dilihat, ternyata batu putih. Ketika digali, bentuknya kotak. Warga kaget ketika mendapati relief yang unik. Bentuknya mirip daun, biasa dikenal motif tumpal.

Temuan benda kuno ini dengan cepat menyebar. Karena aneh, warga kemudian menyerahkannya ke balai desa setempat.

“Bagi warga, batu ini cukup aneh. Kemudian diserahkan ke kantor desa,” kata Kepala Desa Bareng, Saroni, Rabu (9/11) siang.

Karena peninggalan sejarah, batu tersebut diserahkan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi. Tim arkeolog Disbudpar Banyuwangi masih meneliti batu sejarah tersebut. Perkiraan sementara, motif batu tersebut adalah tumpal. Bentuk batu ini mirip dengan batu kapur yang ditemukan di situs Kerajaan Macan Putih.

“Kalau fungsinya dan jejak sejarahnya, harus diteliti lebih dalam,” kata arekolog Disbudpar Banyuwangi, Bayu Ari Wibowo. (hoa/gol)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral