Dr Ir Amien Widodo MSi, peneliti senior dari Pusat Penelitian Mitigasi Kebencanaan dan Perubahan Iklim (Puslit MKPI) ITS saat ditemui di laboratorium Departemen Teknik Geofisika ITS.
Sumber :
  • tvOne - sandi irwanto

Mengapa Gempa Cianjur Banyak Menelan Korban Jiwa? Ini Penjelasan Pakar Kegempaan

Kamis, 24 November 2022 - 12:48 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Berada di daerah rawan gempa, Indonesia kembali dikejutkan dengan bencana gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Senin (21/11) siang. Kali ini, Cianjur diguncang gempa bermagnitudo 5,6 hingga menelan ratusan korban jiwa dan kerugian berupa kerusakan ribuan bangunan.

Peneliti senior dari Pusat Penelitian Mitigasi Kebencanaan dan Perubahan Iklim (Puslit MKPI) ITS, Dr Ir Amien Widodo MSi menyebutkan, gempa Cianjur tersebut terjadi akibat lempeng tektonik yang bergerak dan menekan wilayah Indonesia sejak jutaan tahun lalu. Namun, sumber gempa darat dari sesar aktif ini masih belum diketahui secara pasti.

Dirunut berdasarkan peta, berdekatan dengan Cianjur terdapat sesar Cimandiri yang membentang mulai dari Teluk Pelabuhan Ratu hingga Cianjur. Sesar ini pernah mengguncang Sukabumi pada tahun 2001 silam.

“Namun, letak sesar yang berada jauh di sebelah utara tempat kejadian dipastikan bukan penyebab dari gempa Cianjur ini,” ungkap Amien.

Laporan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per 23 November 2022 siang mencatat sebanyak 271 orang meninggal dunia akibat dampak gempa. Sebanyak 377 orang mengalami luka-luka dan ada 7064 orang mengungsi akibat bencana alam ini. Belum lagi ribuan bangunan juga mengalami kerusakan ringan hingga berat.

Peristiwa gempa tersebut cukup terasa guncangannya. Meskipun tergolong berkekuatan kecil, posisi peristiwa gempa yang dangkal menyebabkan kerusakan bangunan yang berada di atasnya. Untungnya, gempa yang terjadi tersebut tidak berpotensi tsunami karena sumber gempa berasal dari daratan.

Dosen Departemen Teknik Geofisika ITS ini menegaskan, gempa merupakan suatu peristiwa yang tidak bisa diprediksi kemunculannya. Namun, berkaca dari peristiwa gempa yang telah melanda beberapa kali di Indonesia, seharusnya bisa dijadikan acuan mitigasi. Mitigasi sendiri dibagi menjadi dua jenis. Yakni, mitigasi struktural yang berfokus pada pembangunan infrastruktur dan mitigasi nonstruktural yang berfokus pada edukasi masyarakat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
25:54
04:20
00:52
02:08
02:13
01:10
Viral