Tunjang Peningkatan Produksi Pertanian dan Deteksi Dini Cuaca Ekstrim, BMKG Pasang AWS Di IP2T Kota Batu.
Sumber :
  • Tim tvOne/Edi Cahyono

Tunjang Peningkatan Produksi Pertanian dan Deteksi Dini Cuaca Ekstrim, BMKG Pasang AWS Di IP2T Kota Batu

Jumat, 25 November 2022 - 06:40 WIB

Kota Batu, Jawa Timur - Upaya untuk mendorong peningkatan produksi pertanian sebagai penyangga ketahanan pangan Nasional dan deteksi secara dini perubahan cuaca. Kementerian Pertanian kolaborasi bersama Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memasang alat Automatic Weather Station (AWS) di Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi (IP2T) Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Kamis (24/11/2022).

Sekretaris Utama BMKG, Dwi Budi Sutrisno menjelaskan, alat tersebut berguna memberikan data data untuk memprediksi cuaca, sehingga jika terjadi hujan lebat dapat terdeteksi secara dini dengan bantuan satelit dan radar maupun station.

"Selain untuk keselamatan juga bisa membantu penelitian pengembangan jeruk dan bisa  menghasilkan jeruk varietas unggul," kata Dwi Budi.

Dwi Budi Santoso mengatakan jika sebelumnya alat tersebut hanya dapat deteksi hujan saja, kini dapat mendeteksi tekanan udara, kecepatan angin bahkan deteksi radiasi matahari dan kelembaban udara dan deteksi lainnya.

Parameternya yang lengkap akan sangat bermanfaat untuk penelitian, sehingga benar-benar bisa menghasilkan jeruk yang berkualitas unggulan.

"Mimpi kita semua tidak hanya apel produksi dari  Kota Batu. Namun jeruk juga jadi produksi dari kota batu," ujar Dwi Budi.

Lebih lanjut Dwi Budi Sutrisno menambahkan, alat ini bukan yang pertama kali. Alat ini merupakan hasil pengembangan alat pada  tahun 1960. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral