penemuan macan tutul Gunung Raung minum di sungai kecil.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Temuan Macan Tutul di Perkebunan Sumberarum, Sanggon, Banyuwangi, Terkuak

Senin, 5 Desember 2022 - 16:12 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Misteri temuan macan tutul di perkebunan Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, sedikit terkuak. Saat dipergoki warga terakhir kali, satwa liar itu sedang minum di sungai kecil yang rimbun. Fakta ini terungkap ketika Kapolsek Songgon, AKP Eko Darmawan bersama anggota Koramil mendatangi lokasi, Senin (5/12).  

Versi warga, macan tutul itu dipergoki secara tak sengaja. Kala itu, salah satu warga hendak membenahi saluran air yang buntu. Begitu membersihkan rerimbunan, seekor macan tutul terlihat muncul, lalu pergi. Warga pun memilih menghindar. 

"Jadi, kami cek langsung ke lokasi yang disebutkan warga. Ternyata kabar macan tutul ini memang benar," kata AKP Eko. 
Terkait temuan ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk melakukan langkah selanjutnya. Pihaknya juga meminta warga tetap waspada dan berhati-hati. Namun, dilarang melakukan perburuan satwa dilindungi tersebut. 

"Kami akan koordinasi dengan BKSDA dan pihak terkait. Warga kami imbau tetap waspada dan tenang," tegasnya. 

Sebelumnya, warga di sekitar lereng Gunung Raung, tepatnya di Dusun Sumberanyar, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi dilanda keresahan. Penyebabnya, beberapa hari terakhir warga memergoki macan tutul berkeliaran di kebun warga. 

Meski belum menyerang warga, temuan macan yang turun gunung ini membuat warga was-was. Mereka khawatir, hewan buas itu akan masuk ke perkampungan. Apalagi, desa ini lokasinya paling dekat dengan lereng Gunung Raung. 

Sementara, BKSDA Wilayah V Banyuwangi memastikan akan segera melakukan investigasi lapangan, termasuk menyiapkan kamera trap di lokasi. (hoa/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral