Rangkaian Kereta Api dari Banyuwangi.
Sumber :
  • tim tvone/happy oktavia

Buruan Pesan, Tiket KA Untuk Natal dan Tahun Baru Sudah Terjual 49 Persen

Rabu, 21 Desember 2022 - 13:15 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Moda transportasi Kereta Api (KA) masih menjadi favorit untuk libur Natal dan tahun baru (Nataru). Buktinya, menjelang libur akhir tahun ini, penjualan tiket KA sudah tembus 92.721 kursi. 

Jumlah ini mencapai sekitar 49 persen dari total kursi yang disediakan sebanyak 188.352 kursi. Pesanan paling banyak adalah kursi untuk rangkaian KA jarak jauh. Salah satunya, relasi Banyuwangi – Surabaya dan Banyuwangi – Yogyakarta. 

“Tiket yang terjual sudah 59 persen dari total kursi yang tersedia,” kata Plt. Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Azhar Zaki Assjari, Rabu (21/12/2022) siang.

Meski ada aturan baru naik KA, animo berlibur menggunakan KA tetap tinggi. Hal ini seiring nyamannya pelayanan di kereta. Terkait persiapan Nataru, ada sejumlah aturan baru untuk naik KA. Diantaranya, penumpang usia 6-12 tahun yang belum vaksin diperbolehkan naik KA. Syaratnya, mengantongi keterangan belum vaksinasi dari Puskesmas atau fasilitas kesehatan tertentu. 

“Ini aturan baru sejak 19 Desember. sebelumnya, anak-anak yang belum vaksin kedua dilarang naik KA,” kata Azhar.

Sementara, syarat penumpang dewasa di atas 18 tahun wajib vaksin ketiga (booster). Sedangkan, WNA minimal vaksin kedua. Bagi yang belum vaksin wajib menunjukkan surat keterangan dari dokter atau rumah sakit pemerintah. 

Sedangkan untuk KA lokal, syarat utamanya minimal vaksin dosis pertama. Lalu, tidak wajib menunjukkan keterangan hasil negative rapid test antigen. Meski sedikit longgar, seluruh penumpang tetap diimbau mematuhi protokol kesehatan (prokes). Diantaranya, penumpang tetap menggunakan masker. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral