Seekor macan tutul tertangkap kamera warga di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Geger, Seekor Macan Tutul Gunung Raung Terekam Kamera Warga

Senin, 2 Januari 2023 - 13:24 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Warga yang menikmati malam tahun baru di air terjun Telunjuk Raung, Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi geger. Seekor macan tutul ditemukan di atas pohon, diduga usai menerkam monyet. Kehadiran binatang karnivora ini sempat terekam kamera warga.

Temuan macan tutul Gunung Raung ini berawal dari suara berisik kawanan monyet di tengah malam. Sejumlah warga yang berkemah tak jauh dari lokasi mencari suara tersebut. Begitu disorot dengan lampu senter, ternyata ada seekor macan tutul di atas pohon.

Warga akhirnya merekamnya beberapa menit. Karena takut, warga memilih mematikan lampu senter. Seekor macan tutul itu diketahui turun dari pohon dan menghilang sekitar pukul 04.00 WIB.

"Jadi, malam tahun baru itu ada warga yang berkemah. Akhirnya merekam macan tutul di atas pohon. Diduga macannya mengantuk usai memakan monyet," kata Kades Sumberarum, Ali Nurfatoni, Senin (2/1) siang.

Kehadiran macan tutul ini yang kelima kalinya dipergoki warga. Namun, baru kali ini terekam kamera ponsel. Pasca-kejadian, pihaknya langsung berkoordinasi dengan aparat Kepolisian dan Badan Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA).

"Harapannya segera ada tindakan dari BKSDA. Karena lokasi macan tutul ini cukup dekat dengan perkampungan," tegas Toni.

Pihaknya juga meminta warga siaga. Namun, tetap dilarang memburu macan tutul tersebut. Apalagi, selama ini, kehadiran binatang buas itu tidak pernah mengganggu warga. (hoa/gol)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral