RSUD Kanjuruhan Malang buka layanan katastropik.
Sumber :
  • Tim tvone - edy cahyono

RSUD Kanjuruhan Malang Buka Layanan Katastropik, Ini Penjelasan Bupati Malang

Sabtu, 14 Januari 2023 - 21:46 WIB

Malang, Jawa Timur - Upaya untuk meningkatkan pelayanan yang lebih lengkap kepada masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanjuruhan Malang, menambah beberapa fasilitas kesehatan dengan menyediakan Unit Pelayanan Instalasi Dialisis (UPID) yang difokuskan bagi pasien penyakit Katastropik.

Pelayanan bagi penyakit Katastropik itu nantinya melayani penyakit jantung, stroke, kanker, dan ginjal.

Layanan ini resmi mendapat ijin dari Kemenkes untuk diterapkan di RSUD Kanjuruhan Malang dan akan terus meningkatkan fasilitas guna mewujudkan masyarakat yang sehat dan makmur.

Bupati Malang Sanusi usai meresmikan pelayanan Dialisis mengatakan, prosesnya yang cukup panjang, usaha yang ditempuh Pemkab Malang untuk menyediakan layanan Dialisis, akhirnya membuahkan hasil. Sekaligus juga sebagai upaya dalam menjawab reformasi kesehatan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Ia juga menyampaikan dalam hal ini, apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada RSUD Kanjuruhan yang terus melakukan peningkatan layanan dan inovasi tiada henti.

Perlu diketahui bersama bahwa di Indonesia, penyakit katastropik seperti jantung dan pembuluh darah, stroke, kanker, diabetes melitus, serta gagal ginjal. Penyakit-penyakit tersebut tidak hanya menjadi penyebab angka kesakitan dan kematian terbanyak. Namun juga menyebabkan beban pembiayaan kesehatan terbesar.

"Untuk itu, dibutuhkan monitoring yang berkelanjutan untuk memantau risiko penyakit katastropik ini sebagai upaya mencegah kenaikan kasus penyakit katastropik serta mengefektifkan dan mengefisienkan biaya pelayanan kesehatan," jelas Sanusi, Sabtu (14/1).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral