Buat Warga Cemas, Gunung Semeru Terus Semburkan Lava Pijar dan Suara Gemuruh.
Sumber :
  • tim tvone/Iwan

Buat Warga Cemas, Gunung Semeru Terus Semburkan Lava Pijar dan Suara Gemuruh 

Rabu, 18 Januari 2023 - 23:38 WIB

Lumajang, tvOnenews.com - Guguran lava pijar Gunung Semeru (3.676 Mdpl) di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, hingga Rabu (18/1/2023) malam masih terus terjadi dan sesekali disertai suara gemuruh.

Guguran lava pijar dari puncak kawah ini, nampak terlihat sangat jelas dari sekitar pemukiman warga Desa Penanggal, yang mengarah ke Besuk Kobokan dengan jarak luncur kurang lebih 1.000 meter.

"Memang dalam dua minggu ini, gunung semeru sering mengalami erupsi serta guguran lava pijar, namun sejauh ini kolom asap maupun abu serta jarak luncurnya, relatif aman dari pemukiman warga sehingga tidak menimbulkan dampak," kata Sekretaris Desa Penanggal Mufidun Alamin, Rabu (18/1/2023).

Namun suara gemuruh Gunung Semeru yang dalam beberapa malam terakhir ini sering terdengar sangat keras, telah membuat sebagian warga menjadi cemas.

"Meskipun selama ini relatif aman dari dampak awan panas guguran, warga kami kini mulai was-was saat suara gemuruh gunung semeru muncul. Terus terang kami khawatir jika sewaktu-waktu gunung semeru kembali mengalami erupsi, terutama pada malam hari," imbuhnya.

Berdasarkan pantauan tim tvonenews.com di lapangan, terlihat sejumlah warga hampir setiap malam rajin menggelar ronda malam dan bercengkerama dengan para tetangga di teras rumahnya.

"Sebagai upaya antisipasi, warga jarang tidur malam. Mereka rutin gelar ronda malam bahkan hingga pagi. Warga cuma berharap kondisi gunung semeru segera kembali normal, agar mereka bisa beraktivitas kembali secara normal tanpa dihantui rasa cemas akan terjadinya bencana semeru," pungkasnya. (wso/aag)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral