Talut Rumah Setinggi 9 Meter Longsor Rusak Kandang dan Tutup Akses Jalan.
Sumber :
  • tvOne - miftakhul erfan

Hujan Satu Hari, Talut Rumah Setinggi 9 Meter Longsor Rusak Kandang dan Tutup Akses Jalan

Jumat, 27 Januari 2023 - 14:33 WIB

Magetan, Jawa Timur - Akibat diguyur hujan seharian, talut pondasi rumah milik Sirin (65) di Desa Alas Tuwo, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, pada Kamis (26/1) sekitar pukul 20:00 WIB longsor.

Akibat musibah ini, takut setinggi 9 meter dan lebar 14 meter merusak kandang ternak sapi dan gudang penyimpanan pupuk. Bahkan longsor juga menutup akses jalan antar kampung.

Menurut pengakuan Sirin, pemilik rumah awalnya Kamis pagi hingga malam terjadi hujan dengan intensitas rendah hingga lebat. Hingga Kamis malam takut yang berada di belakang rumah longsor.

“Kemarin itu hujan sehari semalam mas, tau-tau malamnya itu ada suara gemuruh di belakang rumah. Saat saya lihat ternyata kandangnya susah longsor kebawah,” ujar Sirin, disela-sela kerja bakti bersama warga, Jumat (27/1) pagi.

Sementara itu, Jumat pagi, sejumlah anggota BPBD kabupaten Magetan dibantu anggota TNI-Polri dan warga melakukan kerja bakti mengevakuasi material longsoran yang menutup jalan.

Untuk sementara waktu, proses evakuasi fokus pada pembersihan jalan dari material longsor agar jalan bisa kembali dilewati. BPBD setempat juga menutup lokasi longsoran dengan terpal guna mengantisipasi longsor susulan jika terjadi hujan.

“Memang kemarin terjadi hujan hampir selama satu hari, sehingga dimungkinkan pondasi talut tak kuat menahan beban di atasnya sehingga terjadi longsor,” terang Bambang, anggota BPBD kabupaten Magetan yang ikut proses evakuasi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral