Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kembali Gencar Vaksin Booster Sapi Peternak di Madiun.
Sumber :
  • tvOne - miftakhul erfan

PMK Kembali Merebak, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kembali Gencar Vaksin Booster Sapi Peternak di Madiun

Rabu, 1 Februari 2023 - 12:16 WIB

Madiun, tvOnenews.com - Kembali merebaknya kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di sejumlah daerah di Jawa Timur, memaksa Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Madiun kembali gencar melakukan vaksinasi booster pada sapi milik para peternak.

Seperti yang dilakukan petugas dari Dinas Peternakan setempat, Rabu (1/2) pagi, yang melakukan vaksin booster di sejumlah peternakan sapi di Desa Bantengan, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun.

Meski telah dilakukan suntik vaksin PMK pada tahun 2022 lalu, kini petugas kembali fokus pada pemberian vaksin booster sapi para peternak. Langkah ini guna mengantisipasi munculnya kembali virus PMK di wilayah Kabupaten Madiun.

Kepala Bidang Peternakan DKPP (Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan) Kabupaten Madiun, drh. Bagus Sri Yulianta mengatakan, meskipun di kabupaten Madiun masih belum ada temuan PMK yang baru, namun booster wajib dilakukan.

“Pagi ini kita fokus pada pemeriksaan dan penyuntikan vaksin booster pada sapi milik peternak, selain antisipasi merebaknya kembali PMK di sejumlah daerah di Jatim,” kata Bagus, usia memeriksa sapi peternak di Desa Bantengan.

Lanjut Bagus, selain vaksin booster Dinas Peternakan juga memberikan cairan disinfektan pada peternak untuk dilakukan penyemprotan kepada kandangnya secara rutin.

“Untuk temuan PMK di Kabupaten Madiun memang masih belum ada, namun kita mengantisipasi lebih awal dengan memberikan booster,” imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral