warga Surabaya gelar perayaan cap goh meh di Pantai Kenjeran.
Sumber :
  • tim tvone - zainal ashari

Cap Go Meh, Warga di Surabaya Gelar Ritual Fangsen Lepas Burung dan Tabur Bunga di Laut, Berharap Keberuntungan

Minggu, 5 Februari 2023 - 14:34 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Perayaan Cap Go Meh yang jatuh pada hari Minggu (05/2) dirayakan dengan penuh khidmad di Klenteng Sanggar Agung Surabaya, yang berlokasi di depan Pantai Kenjeran. Lokasi ini dipadati umat yang melaksanakan sembahyang Cap Go Meh.

Meski tidak ada perayaan khusus, namun Cap Go Meh digelar penuh khidmat. Umat yang bersembahyang ini tidak hanya berasal dari Kota Surabaya saja, namun juga dari berbagai daerah di luar kota Surabaya.

Mereka melakukan sembahyang Cap Go Meh yang dipercaya dapat melancarkan rezeki dan membuang sial di Tahun Baru Cina ini. Selain itu mereka juga melestarikan tradisi dari lelulur mereka.

Selain bersembayang, umat juga ada yang melakukan fangshen atau melepas burung ke alam bebas. Selain itu terdapat pula umat yang menaburkan bunga di tengah laut yang berada tepat di depan Klenteng Sanggar Agung Surabaya.

Christopher, salah satu umat yang melakukan tabur bunga di tengah laut mengatakan jika ia sengaja melakukan ritual ini untuk berziarah kepada para lelulur yang telah meninggal dunia. Menurutnya, ritual ini merupakan tradisi dari keluarganya dalam menyambut momen Cap Go Meh.

"Selain bersembahyang Cap Go Meh, saya juga melakukan tabur bunga di laut, ini sudah tradisi kami," ujarnya.

Sementara itu Fani, salah satu umat yang bersembahyang di klenteng ini mengaku jika setiap Cap Go Meh, Ia bersama keluarganya selalu bersembahyang di klenteng ini. Dirinya berharap di momen Cap Go Meh ini seluruh umat, keluarga, dan bangsa Indonesia dapat menjadi lebih baik lagi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral