Wapres Ma'ruf Amin tinjau proyek smelter Freeport di Gresik.
Sumber :
  • tim tvone - habib

Wapres Ma'ruf Amin Tinjau Proyek Smelter Freeport di Gresik, Optimis Investasi di JIIPE terus Meningkat

Rabu, 8 Februari 2023 - 13:53 WIB

Gresik, Jawa Timur - Usai menghadiri peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Gor Sidoarjo, Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma'ruf Amin, meninjau langsung progres proyek pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia di kawasan JIIPE Manyar, Kabupaten Gresik.

Wapres mengungkapkan jika pembangunan proyek Smelter Freeport di kawasan JIIPE Manyar Gresik telah menarik investasi sebesar 30 % dan akan terus menerus meningkat.

Wapres Ma'ruf Amin yang didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyatakan proyek Smelter yang ditargetkan rampung tahun 2024 itu, kini telah mencapai 54 persen dan nantinya akan menjadi Smelter Design Singel Line terbesar di dunia, dengan kapasitas pengolahan konsentrat tembaga mencapai 1, 7 juta ton per tahun.

Dikatakan Wapres, lokasi proyek Smelter PT Freeport Indonesia berada di kawasan industri JIIPE yang juga merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan merupakan program pemerintah dalam mengawal hilirisasi.

Wapres juga menegaskan jika pihak pemerintah melalui undang-undang cipta kerja (UU Ciptaker) telah mengakomodasi berbagai permasalahan, serta memberikan kemudahan sebagai solusi yang tepat. Dan dalam pembangunan smelter salah satu investor yang turut berpartisipasi adalah PT Freeport Indonesia.

"Itu tadi saya meninjau smelter Freeport dan ini merupakan kebanggaan Indonesia dan smelter ini merupakan terbesar di dunia dan akan menghasilkan tembaga yang kalau nanti berjalan," kata Wapres, Selasa (7/2).

Menurut Wapres, proyek pembangunan Smelter Freeport ini nantinya akan menghasilkan 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahunnya. Sedangkan di luar Gresik, diperkirakan menghasilkan 1,3 juta ton konsentrat tembaga.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral