Ratusan warga Yahukimo menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU untuk berangkat dari Yahukimo.
Sumber :
  • Hendi Indrajaya

Pasca Penghentian Operasi Pesawat Komersil di Yahukimo, Ratusan Warga Yahukimo Berangkat Memanfaatkan Pesawat Hercules

Jumat, 17 Maret 2023 - 06:49 WIB

Jayapura, tvOnenews.com – Sebanyak 261 warga di Yahukimo berangkat ke Jayapura menggunakan pesawat udara Hercules A-1315 tipe C-130 milik TNI-AU. Ini merupakan efek penghentian sementara penerbangan pesawat komersil dari dan menuju Yahukimo Papua.

Tidak beroperasinya pesawat komersil pasca rentetan kejadian di Yahukimo membuat warga yang seharusnya berangkat karena keperluan pribadi, keluarga atau dinas menjadi terhambat, oleh karena itu mereka memanfaatkan pesawat Hercules untuk berangkat ke Jayapura dari Yahukimo.

Hal tersebut turut dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo,  saat dimintai keterangannya.

Ia menyampaikan bahwa, ratusan masyarakat yang berangkat tersebut tidak bisa dikatakan jika mereka merasa takut akibat adanya peristiwa yang terus terjadi di Yahukimo, melainkan karena memang adanya keperluan yang tertunda sehingga memanfaatkan kesempatan untuk berangkat dengan pesawat Hercules.

“Seperti yang disampaikan oleh salah satu warga bernama Bur, dirinya berangkat karena akikahan anaknya di Makassar yang dimana seharusnya berangkat pada hari minggu lalu, namun karena tidak ada pesawat ke Yahukimo jadinya tertunda sehingga ini merupakan kesempatannya untuk berangkat,” kata Kabid Humas.

Untuk diketahui bahwa warga yang berangkat tidak hanya dari warga Non-Papua saja, melainkan warga asli Yahukimo juga sebagian berangkat, yakni seperti saudara James Mirin yang turun ke Jayapura karena keperluan untuk melanjutkan kuliahnya.

“Saya mau lanjut kuliah jurusan Guru di Uncen (Universitas Cenderawasih), karena penerbangan yang susah dan ada kesempatan menggunakan Pesawat Hercules, saya langsung ikut agar tidak tertinggal pada saat melaksanakan kuliah nantinya,” ujar James Mirin.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral