Presiden dan Ibu Negara tanam pohon di lokasi bendungan Bintang Bano.
Sumber :
  • Tim Tvone-Irwan

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Tanam Pohon di Lokasi Bendungan Bintang Bano Sumbawa Barat

Sabtu, 15 Januari 2022 - 08:39 WIB

Sumbawa Barat, NTB - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, melakukan penanaman pohon di lokasi Bendungan Bintang Bano, Desa Bangkat Munteh, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat. Penanaman pohon dilaksanakan oleh Presiden dan Ibu Negara, usai meresmikan Bendungan Bintang Bano, Jumat (14/01/2022)

Menurut Presiden RI, Joko Widodo, dalam sambutannya mengatakan, bendungan Bintang Bano ini merupakan bendungan yang ke-29 yang telah diresmikan oleh pemerintah sejak tahun 2015. "Bendungan Bintang Bano ini merupakan bendungan yang ke-29 yang telah kita resmikan sejak tahun 2015 lalu. InsyaAllah nanti pada akhir 2024 nanti total bendungan yang akan kita selesaikan adalah 57 bendungan di seluruh tanah Air Indonesia ini," ujar Presiden Jokowi merincikan. 

Dilanjutkan Presiden, pembangunan bendungan-bendungan ini bertujuan untuk terciptanya ketahanan pangan, kemandirian pangan dan kedaulatan pangan. 

"Kenapa ini kita bangun, bendungan-bendungan ini, ketahanan pangan, kemandirian pangan dan kedaulatan pangan, itu hanya akan bisa terjadi kalau di seluruh provinsi ini ada air, kuncinya ada air dan air itu ada kalau kita punya bendungan sebanyak banyaknya," tegas Presiden. 

Ditambahkan, Bendungan Bintang Bano, yang dibangun sejak tahun 2015 dengan anggaran Rp1,44 triliun sudah selesai dibangun dan bisa difungsikan. 

"Bendungan Bintang Bano, menjadi bendungan ketiga yang diresmikan di NTB,  setelah Bendungan Tanju pada tahun 2018 dan Bendungan Mila pada tahun 2019," lanjut Presiden Jokowi

Bendungan ini, kata Presiden, diharapkan bisa mendukung ketersediaan air di Sumbawa Barat, mendukung ketahanan di Provinsi NTB dan bisa memenuhi kebutuhan air baku khusunya wilayah wilayah kering di NTB. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral