Anak-anak yang tengah menjalani perawatan secara intensif di rumah sakit umum Tc. Hillers Maumere.
Sumber :
  • Tim Tvone-Tovik Koban

83 Anak di Sikka NTT Terserang DBD, Satu Meninggal Dunia

Selasa, 25 Januari 2022 - 09:36 WIB

Sikka, Nusa Tenggara Timur - Sebanyak 83 anak usia balita hingga remaja di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, terserang wabah demam berdarah dengue (DBD), satu diantaranya meninggal dunia.

"Sejak tiga pekan terakhir, ada 83 anak terserang DBD, dengan 1 kasus kematian. Dan saat ini terdapat 17 anak yang tengah menjalani perawatan secara intensif di rumah sakit umum Tc. Hillers Maumere," Kata dokter Clara Francis, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, saat ditemui di ruang kerja, Selasa (25/1/2022) pagi.

Dijelaskan Clara Francis, secara medis, sebagian besar pasien anak yang dirawat akibat wabah DBD ini lantaran mengalami kekurangan cairan, panas tinggi dan penurunan trombosit.

"Anak-anak yang dirawat masuk dengan kondisi trombosit turun. Sehingga perlu perawatan secara intensif dari rumah sakit. Dan salah satu faktor penyebabnya karena kondisi lingkungan yang tidak sehat dan menjadi sarang nyamuk aedes aegypti," ungkap Clara.

Menurutnya, meski pemerintah kabupaten belum menetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa, namun kasus DBD diperkirakan terus meningkat karena faktor cuaca buruk yang melanda wilayah NTT.

"Kita harus wasdapa dengan tetap memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar. Jika tidak kasus akan terus meningkat," pintanya.(Tovik Koban/Ask)

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral