Orangutan berjenis kelamin jantan dan bobot delapan puluh tiga kilogram (83 kg), diperiksa kesehatannya oleh petugas.
Sumber :
  • Tim Tvone-Jamberi

Seekor Orang utan Jantan Bobot 83 Kg Berhasil Dievakuasi Tim Rescue OFI Dan BKSDA Kalteng  

Sabtu, 26 Februari 2022 - 09:24 WIB

Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah - Seekor Orang utan berukuran besar yang nyasar ke perkampungan dan lokasi perkebunan kelapa sawit milik salah satu perusahaan yang ada di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Orang utan dilindungi ini sempat menggegerkan warga dan pekerja perkebunan plasma kelapa sawit yang sedang melakukan aktivitas di desa Sungai Bedaun, kecamatan Kumai. Merasa terganggu dengan keberadaan Orang utan, pihak perusahaan melapor ke petugas Tim Rescue Orang utan Foundation International (OFI) dan BKSDA kalteng SKW II Pangkalan Bun.

“Diduga Orang utan kelaparan, kurang persediaan makanan dalam hutan dan habitatnya terganggu akibat tingginya alih fungsi lahan dari hutan menjadi lahan perkebunan kelapa sawit,” kata Adimas Jaya Pratama, Humas BKSDA Kalteng SKW II Pangkalan Bun, ketika diminta keterangan oleh tim tvOnenews.com pada hari Sabtu (26/2/2022) pagi.

Setelah mendapat laporan, petugas langsung melakukan pemantauan keberadaan Orangutan dan berupaya mengevakuasi dengan cara menembakkan obat bius menggunakan alat tradisional berupa sumpit.

”Usai dibius, Orang utan diperiksa kesehatannya, kemudian dilakukan tes antigen dengan hasil negatif. Di tubuh Orang utan tidak ditemukan bekas senjata tajam maupun tumpul. Diketahui orangutan berjenis kelamin jantan dan bobot delapan puluh tiga kilogram (83 kg). Setelah dinyatakan sehat, petugas langsung melepasliarkan Orang utan ke Taman Nasional Tanjung Puting, karena jaraknya lebih dekat dengan keberadaan Orang utan,” lanjut Adimas Jaya Pratama.

Petugas menghimbau apabila warga menemukan Orang utan nyasar ke pemukiman maupun ke perkebunan agar segera melapor ke petugas BKSDA Kalteng. (Jamberi/Ask)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral