Ratusan warga Muhammadiyah di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, telah mulai melaksanakan ibadah Shalat Tarawih pada Jumat malam (1/4/2022)..
Sumber :
  • tvone

Warga Muhammadiyah di Kotawaringin Timur Mulai Tarawih Malam Ini

Jumat, 1 April 2022 - 21:43 WIB

Kotawaringin Timur, Kalteng - Berbeda dengan ketetapan pemerintah yang menetapkan awal Ramadhan 1443 H jatuh pada hari Minggu (3/4/2022), ratusan warga Muhammadiyah di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, telah mulai melaksanakan ibadah Shalat Tarawih pada Jumat malam (1/4/2022).

Salah satu masjid milik Muhammadiyah yang menggelar Shalat Tarawih yaitu Masjid Muhajirin, yang berada di komplek perguruan Muhammadiyah, jalan A. Yani, Sampit.

"Hal ini sesuai dengan keputusan dari PP Muhammadiyah yang menetapkan awal Ramadhan jatuh pada hari Sabtu (2/4/2022) besok, karena itu kami memulai tarawih malam ini," terang Ketua PD Muhammadiyah Kotim, Akmal Thamroh, Jum'at.

Menurut Akmal, meskipun terjadi perbedaan, namun hal ini jangan sampai menimbulkan perpecahan di kalangan umat Islam. Terjadinya perbedaan ini karena metode penetapan awal Ramadhan antara Muhammadiyah dengan pemerintah berbeda.

"Muhammadiyah menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal atau menghitung posisi atau kedudukan bulan di langit dalam perjalanannya mengitari bumi, sementara pemerintah menggunakan metode rukyatul hilal atau melihat bulan," terang Akmal.

Hal yang sama juga berlaku dalam penetapan 1 Syawal 1443 Hijriah nanti, dimana PP Muhammadiyah juga sudah menetapkan hari raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 2 Mei 2022.  Sementara pemerintah baru bisa menetapkan hari raya setelah melakukan rukyatul hilal menjelang akhir bulan dan kemudian diputuskan dalam sidang isbat. (Didi Syachwani/chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral