Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Jawa Tengah dan Jawa Timur pengaruhi persediaan ternak sapi di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.
Sumber :
  • didi syahwani

Wabah PMK di Jateng Dan Jatim Ancam Kotawaringin Timur Alami Krisis Daging Sapi 

Rabu, 11 Mei 2022 - 17:35 WIB

Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah - Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang tengah melanda beberapa kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur, akhirnya berimbas  hingga ke Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Daerah tersebut terancam akan mengalami krisis daging sapi, bahkan mungkin hingga lebaran Idul Adha mendatang.

 

"Sementara ini kami tidak bisa mendatangkan sapi dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, akibat wabah PMK. Padahal selama ini pemenuhan kebutuhan daging sapi di Kotim memang hanya dari sana," kata Ali Rido, salah seorang pedagang sapi, yang beralamat di Desa Telaga Baru, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Rabu (11/5/2022).

 

Ali menilai keadaan tersebut cukup mengkhawatirkan, sebab stok sapi yang ada disejumlah pedagang sapi jumlahnya sudah sangat terbatas sekali. Mungkin hanya cukup untuk beberapa hari kedepan saja.

 

"Sapi yang saya miliki sekarang tinggal 16 ekor saja, dan dalam 2 hari ke depan sapi-sapi itu sudah habis dipotong," ujar Ali.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:48
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
Viral