Seekor individu orangutan jantan yang berhasil dievakusi oleh petugas BKSDA Kalimantan Tengah SKW II Pangkalan bun di Desa Batuah, Kecamatan Seranau, Kabupaten Kotawaringin Timur.
Sumber :
  • Tim Tvone-Didi Syachwani

BKSDA Kalteng Evakuasi Orangutan Jantan yang Berkeliaran di Kebun Buah Warga

Kamis, 23 Juni 2022 - 12:38 WIB

Kotawaringin Timur, Kalteng - Petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, berhasil mengevakuasi seekor individu orangutan jantan, yang berkeliaran di sekitar kebun buah milik warga, di Desa Batuah, Kecamatan Seranau, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Rabu (22/6/2022).

"Individu orangutan yang berhasil kami evakuasi ini usianya diperkirakan sekitar 30 tahun, dengan bobot seberat 88 kilogram," terang Kepala BKSDA SKW II Pangkalan Bun, Dedi Setiadi, Rabu (22/6/2022).

Keberadaan orangutan tersebut memang cukup meresahkan warga Desa Batuah. Bahkan menurut laporan warga disana kepada pihak BKSDA, ada ratusan biji buah durian milik warga yang habis dimakannya, sehingga pemilik pohon durian tersebut mengalami kerugian, karena mereka tidak mendapatkan hasil apa-apa dari tanaman mereka.

Selain itu yang juga menjadi kekhawatiran warga, karena lokasi penampakan primata khas Kalimantan yang sudah langka ini cukup dekat dengan pemukiman penduduk, membuat warga khawatir sewaktu-waktu bisa diserang oleh binatang yang terkenal kuat ini.

"Karena itu kami langsung merespon laporan warga desa Batuah dengan segera, begitu mendapat laporan tentang seekor individu orangutan yang berkeliaran di sekitar pemukiman mereka," katanya.

Sementara itu, proses evakuasi terhadap individu orangutan ini tidaklah mudah dan berlangsung dramatis. Petugas BKSDA yang dilengkapi dengan senjata berpeluru obat bius, terpaksa harus menyusuri kawasan hutan yang banyak ditumbuhi tanaman berduri.

Setelah menemukan lokasi persembunyian orangutan tersebut, petugaspun langsung menembakan obat bius ke tubuhnya, dan tidak berapa lama kemudian, orangutan itupun akhirnya pingsan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
01:41
01:18
01:54
01:26
01:52
Viral