Kondisi rumah pasca diterjang banjir.
Sumber :
  • Tim Tvone-Ikbal Hamzah

Diguyur Hujan Lebat, Belasan Rumah Warga di Halmahera Selatan Diterjang Banjir

Jumat, 26 Agustus 2022 - 10:00 WIB

Halmahera Selatan, Maluku Utara – Curah hujan tinggi melanda wilayah Halmahera Selatan, Maluku Utara, pada Kamis (26/7/2022) kemarin sekitar pukul 15.00 Wit, mengakibatkan belasan rumah desa Panamboang dan desa Sawadai, Kecamatan Bacan Selatan, terendam banjir sekitar 1 meter. Banjir tersebut akibat luapan air kali Panamboang. 

"Sementara ini korban masih mengungsi di rumah tetangga dan upaya kami tadi malam sudah melakukan penanganan darurat dengan mendirikan dapur umum bagi warga dampak banjir, " ujar Kepala BPBD Halmahera Selatan, Muhammad ichwan Iskandar Alam, kepada tvonenews, melalui sambungan telepon Jumat (26/8/2022) sekitar pukul 10.00 Wit. 


Ichwan mengatakan, terkait dengan banjir itu, ada tiga desa, satu akses jalan sehingga belum sempat turun, di Panamboang terdapat dua titik dan satu desa Sawadai. 


"Kalau kemarin air satu kali keluar, jadi debit air itu sampai di lutut orang dewasa, jadi awalnya sekira 1 meteran, pas hujan 2 jam itu, tiba-tiba banjir dan setelah itu langsung surut, karena hujan lebat sehingga menyebabkan kali Panamboang meluap, " imbuhnya. 


Kondisi saat ini air telah surut, masyarakat di bantu BPBD dan TNI Polri membantu membersihkan material banjir dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.


"Sekarang ini dilapangan dilakukan pembersihan dari unsur-unsur terkait, BPBD SKPD dan TNI, Polri, " Jelasnya. 


Data sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Halmahera Selatan, terdapat 29 rumah di desa Panamboang, sementara di desa Sawadai terdapat 5 rumah.(Iad/ask)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral