Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono..
Sumber :
  • Tim tvOne - Muhammad Bagas

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono Sebut Sodetan Ampuh Atasi Banjir di DKI Jakarta

Jumat, 28 Oktober 2022 - 14:52 WIB

Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono sebut, meski Ibu Kota mengalami banjir beberapa waktu yang lalu namun genangan cepat surut karena pembangunan sodetan.

"Cepat surut ya banjirnya. Ya itu lah maka perlu ada percepatan sodetan. Sodetan kita sudah bahas kan kemarin, itu kan suatu keadaan yang harus kita selesaikan," ujarnya di Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Jumat (28/10/2022).

Dalam pembangunan sodetan diperlukan lahan yang cukup. Maka hal ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta perlu membeli sebidang lahan.

Heru ungkapkan saat ini Sumber Daya Alam (SDA) tengah melakukan sejumlah inventaris lahan agar memudahkan dan mempercepat pembangunan sodetan.

"SDA sedang bekerja melakukan inventaris tentunya yang lebih memudahkan kita bekerja. Mudah-mudahan waduk Cimahi bisa selesai dan sodetan juga bisa selesai, sehingga bisa mengurangi sementara waktu banjir sambil kita memproses normalisasi," pungkasnya.

Sebagai informasi, melansir dari akun Facebook Kementerian PUPR menjelaskan, sodetan adalah saluran yang digunakan untuk mengalihkan sebagian atau seluruh aliran air banjir dalam rangka mengurangi debit banjir pada daerah yang dilindungi dengan mempertimbangkan alur sungai stabil.(agr/chm)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
26:59
25:31
06:57
09:47
07:30
00:48
Viral