Bupati Halikinnor dengan latar belakang lahan pertanian di Desa Lempuyang, Kecamatan Teluk Sampit, Kotim.
Sumber :
  • Istimewa

Kotim Bersiap jadi Daerah Penyangga Pangan di Kalteng dan IKN

Selasa, 22 November 2022 - 15:44 WIB

Kotawaringin Timur, Kalteng - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor saat ini terus berupaya untuk meningkatkan luasan area pertanian dan produksi hasil peternakan di daerah ini.

Hal tersebut dilakukan karena dirinya ingin agar Kotim bisa menjadi daerah penyangga pangan di Kalimantan Tengah (Kalteng) sekaligus pemasok pangan ke ibu kota baru nusantara di Panajam Paser Utara.

"Potensi pertanian dan peternakan di Kotim sangat besar. Oleh sebab itu, harus kita kembangkan dan tingkatkan produksinya. Agar daerah kita dapat menjadi penyangga pangan, baik untuk Kalteng maupun ibu kota baru nusantara," ujar Halikinnor, Selasa (22/11/2022).

Menurutnya, program yang sudah mulai dijalankan di daerah ini salah satunya menekankan agar seluruh kecamatan membuka lahan pertanian baik berupa padi, sayuran serta produksi peternakan.

Hal itu dilakukan sebagai upaya jangka panjang dalam mengatasi inflasi dan meningkatkan produksi agar dapat menyuplai ke sejumlah daerah di Pulau Kalimantan ini.

Apalagi beberapa waktu lalu Bupati Panajam Paser Utara sudah berbincang dengan dirinya agar Kotim juga bisa menjadi pemasok daging sapi dan telur.

"Saya belum iyakan permintaan tersebut karena hasil produksi kita juga belum memadai," kata Halikinnor.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral