Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara Sebut Perekonomian Maluku Utara Tertinggi di Indonesia.
Sumber :
  • Ikbal Hamzah

Pertumbuhan Perekonomian Maluku Utara Tertinggi di Indonesia, Kedua Sulawesi Tengah

Kamis, 1 Desember 2022 - 12:25 WIB

Ternate, Maluku Utara – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku Utara (Malut) memaparkan kondisi perekonomian Maluku Utara, pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2022.Sampai dengan Triwulan III 2022, pertumbuhan ekonomi Malut tercatat sebesar 24,85 persen.

"Ini masih yang tertinggi se Indonesia," kata Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara, Setian, dalam pertemuan yang digelar di Hotel Sahid Bela Ternate, Rabu kemarin (30/11/2022).

Setian mengatakan dari data yang diperoleh, Provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi kedua yaitu Sulawesi Tengah yang sebesar 19,13 persen disusul Provinsi Bali di urutan ketiga sebesar 8,09 persen. 

"Pertumbuhan ekonomi kita masih ditopang oleh 2 sektor utama yaitu, industri pengolahan dan pertambangan khususnya nikel," katanya.

Dari sisi inflasi mecatatkan angka positif sebesar 3,32 persen per Oktober 2022. Biasanya, apabila pertumbuhan ekonomi suatu daerah meningkat maka inflasi daerah tersebut pun ikut naik. Hal ini berbeda dengan Maluku Utara yang angka inflasinya justru rendah tak signifikan.

"Ini merupakan pencapaian yang sangat fenomenal bagi Maluku Utara," terangnya

Dia menargetkan pada tahun 2023 mendatang, tinggi pertumbuhan ekonomi Malut terus berlanjut, seiring industri pengolahan di Maluku Utara, yang berlanjut pula. Namun demikian, menurutnya ada faktor-faktor yang perlu diwaspadai seperti kondisi Perekonomian Negara lain, khususnya Tiongkok yang menjadi pasar ekspor utama Maluku Utara.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:09
01:56
00:49
01:46
04:06
01:58
Viral