Ilustrasi.
Sumber :
  • Antara

Dinkes DKI Jakarta Imbau Ibu Hamil Lakukan Pemeriksaan HIV/AIDS Guna Mencegah Penularan Pada Bayi

Kamis, 1 Desember 2022 - 17:07 WIB

Jakarta - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengimbau perlu adanya peningkatan deteksi dini kepada ibu hamil guna mencegah terjadinya penularan Human Imunodefisiensi Virus-Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV-AIDS) pada bayi dalam kandungan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Jakarta Dwi Oktavia menjelaskan bahwa mayoritas penularan HIV terjadi pada ibu kepada bayi saat dalam kandungan.

"Kemungkinan besar anak HIV positif karena mayoritas penularan ibu ke bayi saat di dalam kandungan atau proses persalinan sehingga penting deteksi saat masih mengandung," kata Dwi, dalam diskusi HIV/AIDS pada anak di Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Dalam hal ini, menurut Dwi penting bagi ibu hamil setidaknya melakukan pemeriksaan setidaknya satu kali di masa kehamilan.

Sebagai antisipasi, deteksi juga dapat dilakukan terhadap calon pasangan untuk memeriksa kesehatan sebelum ke jenjang pernikahan. Pemeriksaan kesehatan tersebut bisa berupa Sifilis, HIV dan Hepatitis B melalui Puskesmas gratis.

"Upaya lain untuk mencegah penularan pada anak di antaranya meningkatkan pengetahuan dan peran masyarakat, melakukan pengawasan soal analisis data ibu hamil dan anak," ujarnya.

Pencegahan ini juga dapat dilakukan hingga tahap penanganan kasus yakni bagi ibu hamil sampai menyusui yang telah terinfeksi HIV, Sifilis, dan Hepatitis B.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:13
02:42
07:20
11:14
04:24
04:36
Viral