Jemaah calon haji kloter 1 embarkasi makassar masuk diterima di asrama haji sudiang, Selasa (23/5/2023).
Sumber :
  • Wawan Setiawan

Kloter Pertama Masuk Asrama Haji, Didominasi Lansia Asal Makassar

Rabu, 24 Mei 2023 - 00:19 WIB

Makassar, tvOnenews.com - Sebanyak 393 Jamaah Calon Haji (JCH) yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 1 akhirnya masuk ke Asrama Haji Sudiang Embarkasi Makassar, di Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Sulawesi selatan, pada Selasa (23/5/2023) pagi tadi. 393 Jamaah Calon Haji ini merupakan jamaah asal Kota Makassar yang didominasi oleh lansia.

"Kloter 1 dari Makassar sudah masuk aula, jumlah 388 jemaah dan 5 petugas," ujar H. Ikbal Ismail, Kabid Haji dan Umroh Kemenag Sulsel.

Mereka ada yang diantar keluarga menggunakan mobil pribadi dan ada juga yang tiba dengan menumpang bus.  Ratusan Jamaah Calon Haji ini terlebih dahulu diberi pembekalan dari petugas panitia haji di aula Gedung Arafah. Dari 393 Jamaah, 5 di antaranya merupakan petugas haji yang ikut dalam rombongan kloter pertama.

Pemberangkatan Jamaah Calon Haji ini juga didominasi dari kalangan lansia, sehingga untuk acara seremoni penerimaan di tahun ini berbeda seperti tahun sebelum pandemi Covid-19 melanda, di mana seremoni prosesi penerimaan Jamaah Calon Haji ditiadakan dan diselesaikan secara langsung mulai dari pembekalan haji, pemeriksaan keseharian dan pemeriksaan barang bawaan serta pemberian uang living cost dan pembagian gelang identitas haji.

"Tahun ini beda dengan tahun sebelumnya. Kalau sebelumnya ada acara seremoni penerimaan, tahun ini ditiadakan karena banyak jemaah kita yang lansia," ujarnya.

Nampak dari pantauan, jemaah lansia tidak mandiri diberi layanan khusus duduk di bagian depan layanan Jemaah Haji di Aula. Setelah penerimaan di aula, jemaah langsung diantar ke wisma nya masing masing oleh panitia dengan menggunakan kendaraan operasional asrama haji berupa mobil golf yang memang diutamakan fungsinya untuk mobilisasi Lansia.

"Semua layanan untuk asrama haji ini selesai di aula kemudian kita antar jemaah ke wisma," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral