Tim Pendayung Wanadri saat meninggalkan Pantai Pede, untuk berkeliling Pulau Flores, Senin (7/8/2023).
Sumber :
  • vera bahali

Tim Pendayung Wanadri, Kitari Flores dengan Perahu Kayak Selama 55 Hari

Senin, 7 Agustus 2023 - 14:03 WIB

Labuan Bajo, tvOnenews.com - Tim pendayung atau kayak dari Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung (Wanadri) melakukan penjelajahan mengelilingi Pulau Flores mulai hari ini, Senin (7/8/2023). Tim pendayung yang terdiri dari 6 orang ini, memulai penjelajahan dari Pantai Pede, Labuan Bajo. 

Penjelajahan dengan tajuk Flores Sea Kayak Expedition ini akan mendayung sejauh 1045 km. Ketua tim, Yoppi Rikson Saragih mengatakan, target dayung akan dilakukan selama kurang lebih 50 hari dengan konsep tiga hari mendayung dan satu hari istirahat untuk menjaga kondisi fisik para pendayung. 

"Kita akan jalan kalau tinggi gelombang dari aplikasi yang kita pakai tidak lebih dari satu meter dan kecepatan angin tidak boleh lebih dari 10 knot. Kalau lebih dari 10 knot kami akan berhenti atau tidak akan jalan dulu. Atau pada saat jalan ternyata tiba-tiba anginnya lebih cepat, walaupun kita berpegang kepada ramalan cuaca, tiba-tiba berubah, kita harus langsung merapat, jadi kita tidak mau ambil risiko," jelas Yoppi. 

Sementara itu, Direktur utama Badan Pelaksana Otoritas Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatinah mengatakan ekspedisi ini menjadi kesempatan untuk memperkenalkan potensi wisata kayak ke seluruh dunia. Pada penjelajahan tim kayak Wanadri keliling Flores ini juga, mereka akan menelusuri titik-titik labuh yang strategis di dataran Flores untuk kayak. 

"Kayak ini akan menjadi sesuatu yang diperkenalkan di Labuan Bajo. Alternatif atraksi wisata dan juga kita bukannya belum punya, kita sudah punya, ada beberapa juga yang sudah memperkenalkan kayak ini. Harapannya nanti dengan adanya ekspedisi ini tentu para pencinta kayak di seluruh dunia akan melihat apa itu Flores," tutup Shana. 

(avi/asm) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
03:57
11:28
10:12
09:50
01:53
Viral